WISATA PARALAYANG KEMUNING SOLO RAYA




Paralayang
(bahasa Inggris: paragliding) adalah olahraga terbang bebas dengan menggunakan sayap kain (parasut) yang lepas landas dengan kaki untuk tujuan rekreasi atau kompetisi. Induk organisasinya adalah PLGI (Persatuan Layang Gantung Indonsia), sedangkan PLGI sendiri dibawah naungan FASI (Federasi Aero Sport Indonesia)
Olahraga paralayang lepas landas dari sebuah lereng bukit atau gunung dengan memanfaatkan angin. Angin yang dipergunakan sebagai sumber daya angkat yang menyebabkan parasut ini melayang tinggi di angkasa terdiri dari dua macam yaitu, angin naik yang menabrak lereng (dynamic lift) dan angin naik yang disebabkan karena thermal (thermal lift). Dengan memanfaatkan kedua sumber itu maka penerbang dapat terbang sangat tinggi dan mencapai jarak yang jauh. Yang menarik adalah bahwa semua yang dilakukan itu tanpa menggunakan mesin, hanya semata-mata memanfaatkan angin.

Peralatan
Peralatan paralayang sangat ringan, berat seluruh perlengkapannya (parasut, harness, parasut cadangan, helmet) sekitar 10 – 15 kg. Peralatan paralayang juga sangat praktis karena dapat dimasukkan ke dalam ransel yang dapat digendong di punggung.

Perlengkapan utama dalam olahraga paralayang antara lain parasut utama dan cadangan, harness, dan helmet. Perlengkapan pendukung terbang yang diperlukan antara lain variometer, radio/HT, GPS, windmeter, peta lokasi terbang, dll. Sedang perlengkapan pakaian penerbang antara lain baju terbang/flight suit, sarung tangan, dan sepatu berleher tinggi/boot. Jenis parasut yang dipergunakan sangat tergantung dari tingkat kemampuan penerbang dan berat penerbang. Setidak-tidaknya terdapat tiga jenis parasut paralayang yaitu, parasut untuk pemula, parasut untuk penerbang menengah, dan parasut untuk penerbang mahir. Ukuran parasut juga harus sesuai dengan berat penerbangnya. Ukuran yang tersedia antara lain XS, S, M, L serta LL untuk terbang berdua/tandem.

Pilot duduk di suatu sabuk (harness) yang menggantung di bawah sayap kain yang bentuknya ditentukan oleh ikatan tali dan tekanan udara yang memasuki ventilasi di bagian depan sayap.
(sumber : Wikipedia)

Dewasa ini Paralayang bukan sekedar sarana olahraga saja, tetapi sudah berkembang menjadi wisata minat khusus.  Bagi pecinta wisata adrenalin, Paralayang adalah pilihan yang cukup asyik untuk dicoba.

Di Solo Raya Jawa Tengah lebih tepatnya di Kecamatan Ngargoyoso - Kabupaten Karanganyar mempunyai wisata alam hamparan kebun teh ditengah bukit-bukit dikaki Gunung Lawu.  Ada sebuah bukit bernama Segoro Gunung disitu biasa dijadikan sebagai landasan start wisata paralayang dengan pendaratan di tengah-tengah kebun teh Kemuning.  Tidak perlu takut mencoba karena bagi wisatawan yang belum mahir akan didampingi oleh instruktur (tandem) saat terbang (paralayang).

Wisata ini bertambah asyik saat digabungkan dengan wisata Jeep Offroad meng-eksplorasi keindahan alam di Lereng Gunung Lawu…

Bagi kamu-kamu yang penasaran dengan wisata minat khusus di Solo Raya, info lebih lengkap dapat menghubungi : 0823 2478 3848 / 0888 6773 999



WISATA PARALAYANG KEMUNING SOLO RAYA WISATA PARALAYANG KEMUNING SOLO RAYA Reviewed by puasmanagement.com on 19.02.00 Rating: 5