Asyiknya Menyusuri Lembah Bengawan Solo Purba





 Proses tektonik yang terjadi di sekitar sungai. Foto: tribunsurakarta.com

Sungai Bengawan Solo…sungai legendaris yang aliran sungainya dahulu dari utara ke selatan berbalik arah menjadi selatan ke utara.

Dahulu sungai Bengawan Solo memiliki muara di Pantai Selatan yang melewati Gunungkidul Yogyakarta.  Proses tektonik yang terjadi Pulau Jawa bagian selatan telah menyebabkan lapisan tanah semakin meninggi.  Kondisi inilah yang  kemudian mempengaruhi aliran sungai Bengawan Solo yang tadinya dari utara ke selatan menjadi selatan ke utara.

Menurut penelitian, hal ini terjadi jutaan tahun yang lalu. Nah, sisa aliran sungai di Gunungkidul itulah yang sekarang dikenal dengan nama Lembah Bengawan Solo Purba yang kini menjadi bukit-bukit kapur.

Proses tektonik yang terjadi di Lembah Bengawan Solo Purba ini menarik perhatian banyak peneliti geologi. Bekas jejak sungai yang kini menjadi jajaran perbukitan karst sekarang masuk sebagai Geopark Gunung Sewu Network yang dinobatkan oleh UNESCO. Lokasi ini sekarang menampilkan pemandangan alam kehijauan yang indah dan mulai menjadi daya tarik para wisatawan untuk mengunjunginya.

Lembah Bengawan Solo Purba ini sendiri berada di Desa Pucung, Girisubo, tak jauh dari kawasan Pantai Sadeng. Sebagian lokasinya berada di tanjakan Telaga Suling.

Hmm…gimana ? jadi tertarik untuk menyusuri Lembah Bengawan Solo Purba ini kan ?

Bisa kok…kita bisa explore menggunakan sepeda MTB (mountain bike)…sepeda dan guide bisa di request…

Lebih lanjut hubungi : Puji Astuti 0823 2478 3848 / 0888 6773 999












Asyiknya Menyusuri Lembah Bengawan Solo Purba Asyiknya Menyusuri Lembah Bengawan Solo Purba Reviewed by puasmanagement.com on 16.53.00 Rating: 5